Resep Masakan Sate Kerang

Sate Kerang Asli Sumedang

sobat kuliner kali ini saya akan memaparkan secara lengkap dan terpercaya Resep Sate. namun disini bukan sate yang biasa pada umumnya yang banyak penjualnya dipinggir jalan di setiap kota-kota tempat sobat tinggal. 
disini saya akan memberikan secara detail dan mendalam, haha bahasa gue keren ya. lanjut sobat.
yaitu Sate Kerang Sob. mungkin sobat-sobat kuliner ada yang sudah mengetahui sate kerang tapi tidak semuanya. dan untuk sobat kuliner yang belum tahu Sate Kerang Khas Sumedang tidak usah khawatir tetap ikuti aja artikel ini sobat akan tahu akhirnya dan mencobanya oke.

dan sebelum kita ke tahap Resep Kerang Asli Sumedang, berikan saya sedikit sepatah dua patah atau lebihlah haha untuk memaparkan manfaat yang terkandung di dalam kerang itu. 

Kandungan dan Manfaat Kerang Darah


Kandungan yang terdapat di dalam Kerang sebenarnya tidak jauh berbeda dengan biota laut lainnya, kerang merupakan salah satu sumber mineral yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti besi (Fe),  fosfor (P) , Flour (F), iodium (I), kalsium (Ca), Kalium (K), seng (Zn), selenium (Se) dan lain – lain. Kandungan mineral tersebut lebih mudah diserap tubuh dibandingakan dengan mineral yang berasal dari kacang – kacangan ataupun serelia. Dengan mengkonsumsi kerang secara teratur maka secara otomatis kita mendapat asupan kalsium yang memadai, sehingga kita dapat terhidar dari penyakit Osteoporosis (tulang keropos).

Meskipun Kerang mengandung kolesterol yang cukup tinggi, namun kadar lemak total maupun lemak jenuhnya rendah. Bahkan Kerang memiliki kandungan lemak tak jenuh ganda (Omega 3) yang tinggi, dan seperti yang telah kita ketahui Omega 3 dengan karakteristiknya yang unik manfaat kerang darah mampu mencegah dan mengurangi penumpukan kolesterol dan melekatnya bintik- bintik darah pada dinding pembuluh darah yang merupakan sebab utama serangan jantung dan Stroke yang mematikan.

Selain itu kerang juga merupakan sumber Vitamin larut lemak seperti Vitamin A, D, E dan K dan juga Vitamin larut air seperti B-1, B-2, B-6 (piridoxin), B-12 dan Niasin. Sekitar 300 gr kerang ternyata sudah mencukupi kebutuhan harian B-12 tubuh, dan mengkonsumsi Vitamin B-12 secara teratur ternyata mampu melindungi kolon dari resiko kanker.

Manfaat kerang darah juga merupakan sumber protein hewani yang tergolong dalam Complete Protein, karena kadar asam amino essensialnya yang tinggi (85% – 95%) protein yang terkandung didalam kerang jadi mudah dicerna oleh tubuh. Hal ini berarti Kerang bisa dijadikan makanan diet yang tepat untuk mereka yang membutuhkan protein tinggi seperti Binaragawan.

nah itu dia sobat kuliner manfaat yang terkandung didalam kerang itu sendiri. cukup bagus kan manfaat kandungannya. jangan lama-lama lagi untuk mikir. sekarang sobat mencobanya untuk membuat Sate Kerang Asli Medan ini. 


Bahan-bahan :

  1. Kerang darah 2Kg
  2. Gula secukupnya
  3. Garam secukupnya
  4. Minyak secukupnya ( Untuk Menumis)

Bumbu-bumbu :

  1. Bawang merah 40gram
  2. Bawang putih 3 sendok makan
  3. Cabe rawit 10gram
  4. Cabe kering yang telah direndam air panas 15gram
  5. Ketumbar 1 1/2 sendok makan
  6. daun jeruk purut 100 lmbar
  7. jahe 2 ruas jari
  8. kelapa yang telah digongseng 40gram
  9. serai 3 batang
  10. daun salam 2lembar

Cara Memasaknya :

  1. Bersihkan kerang dengan mencucinya dengan air bersih. kemudian rendam dengan air garam untuk membersihkan sisa kotoran seperti pasir atau sampah yang melekat dicangkangnya.
  2. siapkan kelapa yang telah diparut lau digongseng hingga berubah warna hingga kecoklatan, kemudian giling hingga halus.
  3. haluskan bumbu yang tersisa dengan blender, gilingan atau ulekan
  4. siapkan panci tanpa air beserta tutupnya dan masak kerang hingga 2 sampai 3 menit.
  5. angkat dan kupas kerang lalu sisihkan.
  6. tumis bumbu yang telah dihaluskan hingga harum.
  7. perlahan-lahan masukan kerang yang telah dikupas tadi, aduk hingga tercampur dan matang.
  8. siapkan tusuk sate, lalu atur seperti sate pada umumnya. jika suka dengan cita rasa sate kerang yang dibakar, caranta setelah sate kerang di tumis dan ditusuk. kemudian bakar dengan api kecil sebentar.
  9. sajikan dengan nasi putih hangat atau konsumsi sebagai cemilan. 
Nah, Cukup mudah kan sobat kuliner? kini menemukan kerang darah di indonesia tidaklah cukup sulit sobat. karena banyaknya budi daya kerang sudah marak di indonesia.
demikian resep sate kerang darah asli sumedang yang lezat.
selamat mencobanya sobat dan semoga hasilnya lezat dan memuaskan. 



Share this article :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Resep Masakan Sate Kerang"

NO Spam
* Berkomentar dengan sopan
* Keseriusan nilai utama dalam menuju kemajuan pribadi

Terima Kasih Sudah Berkomentar
 
Back To Top